HOME > PROGRAM KEGIATAN > Perpustakaan

Perpustakaan

Kita sadari, Indonesia memiliki kesadaran yang rendah dalam tingkat membaca dibanding negara-negara lain di dunia. Membaca itu proses berpikir dan proses bernalar. Membaca tidak cuma menghafal, tapi juga harus dikaji, dieksplor, diklarifikasi lalu diterapkan. Tinggi rendahnya peradaban budaya suatu bangsa, dapat dilihat dari kondisi perpustakaan yang dimiliki. Sehingga sasaran dari fungsi ini dapat terbentuknya masyarakat yang mempunyai budaya membaca dan belajar sepanjang hayat. Dan perpustakaan menjadi bagian hidup dari keseharian masyarakat.

Buku adalah gudangnya ilmu dan membaca adalah kuncinya. Tetapi, mengapa kita sering malas dengan kegiatan yang satu ini? Apakah karena buku-bukunya relative mahal dan membosankan? Umumnya kita malah menganggap membaca itu sangatlah tidak penting, pekerjaan sia-sia, buang-buang waktu dan tidak ada nilai ekonomisnya.
Buku dan kegiatan membaca memang kurang populer di kalangan anak-anak dan remaja di banding televisi dan play station. Ditambah lagi dengan ketiadaan akses terhadap buku karena ketidakmampuan membeli serta langkanya perpustakaan yang menyediakan koleksi buku-buku mereka. Sungguh Ironis, tapi itulah faktanya! Padahal membaca adalah kunci ilmu pengetahuan. Pendidikan dan pengetahuan adalah kebutuhan manusia yang sama pentingnya dengan sandang, pangan dan papan. “Manusia yang hidupnya tanpa diisi dengan pendidikan dan pengetahuan yang cukup maka akan menjadi korban dari kebodohannya.
Perpustakaan Yayasan Rare Angon Giri Indrawati menyediakan berbagai bahan bacaan berupa komix, majalah, novel, sastra, buku keagamaan, buku pelajaran, buku keterampilan, tutorial komputer dan masih banyak lagi jenisnya. Untuk menambah koleksi buku di perpustakaan mudah-mudahan ada donatur yang mau mendonasikan buku - buku guna menambah koleksi buku.
 
 

www.yragi.org

Pilihan Bahasa
KUNJUNGAN KE WEB INI